R e p o s i t o r y

STT Bethel Indonesia

Bergabung bersama kami untuk melayani bersama di dalam perkuliahan yang membuka perspektif baru dalam era digital 5.0 2

Adversity Quotient Pasca Pandemi Covid-19 Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen di Sekolah Cahaya Cemerlang Jakarta Timur

Vandilla Putri, Agusti Layung (2022) Adversity Quotient Pasca Pandemi Covid-19 Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen di Sekolah Cahaya Cemerlang Jakarta Timur. Masters thesis, STTBI.

[img] Text
Halaman depan Agusti Layung.pdf - Other
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1 Agusti Layung.pdf - Other
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)
[img] Text
Bab 2 Agusti Layung.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)
[img] Text
Bab 3 Agusti Layung.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4 Agusti Layung.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5 Agusti Layung.pdf - Other
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka Agusti Layung.pdf - Other
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran Agusti Layung.pdf - Other
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Dua tahun di penjuru dunia dilanda sebuah penyakit yang disebut Corona Virus Disease-2019. Pandemi ini mempengaruhi kegiatan sosial masyarakat termasuk dalam pendidikan dan proses pembelajarannya. Permasalahan ini berdampak juga pada penyelenggaraan pendidikan di Indonesia, Penyelenggaraan pendidikan tatap muka yang menjadi kegiatan belajar mengajar di sekolah diubah menjadi pembelajaran secara online atau di rumah masing-masing baik siswa maupun guru. Perubahan kegiatan belajar mengajar dari tatap muka menjadi PJJ menimbulkan permasalahan bersama yang menjadi tantangan untuk diselesaikan secara terencana, terpola dan terpadu khususnya guru dan orang tua dalam menghadapi aktivitas perubahan kegiatan belajar mengajar di sekolah maupun dirumah. Kegiatan ini sebagai upaya memberikan pendidikan, mengembangkan kecerdasan, dan mengarahkan emosi anak kepada perilaku yang baik khususnya pada anak masa aktif. Pandangan ini menunjukkan pengembangan kecerdasan dan arahan emosi anak pada EQ (Emotional Quotient) dan IQ (Intellegent Quotient) penting dilaksanakan sebagai upaya guru dan orang tua membentuk kercedasan dan perilaku anak ke arah yang lebih baik. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan metodologi kualitatif dengan penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan desain penelitian deskriptif. Berdasarkan metodologi ini, peneliti mengumpulkan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah melakukan berbagai langkah metode penelitian kualitatif, maka peneliti menyimpulkan: 1. Adversity quotient pasca pandemi siswa sekolah dasar pada pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Sekolah Cahaya Cemerlang Jakarta Timur adanya perubahan pola belajar, siswa menyelesaikan tugas dan ulangan secara mandiri, konsentrasi menurun dan kontrol diri yang masih bergantung pada orangtua. 2. Adapun yang menjadi penghambat adversity quotient pasca pandemi siswa sekolah dasar pada pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Sekolah Cahaya Cemerlang Jakarta Timur adalah kondisi internet yang tidak stabil, rasa bosan, mudah Lelah, dan yang paling utama adalah distraksi 3. Yang menjadi pendorong adversity quotient pasca pandemi siswa sekolah dasar pada pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Sekolah Cahaya Cemerlang Jakarta Timur adalah upaya dari orangtua dan guru yaitu Kerjasama yang terjalin dengan baik selama berlangsungnya pembelajaran virtual dan tatap muka.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: S2 Magister Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: Unnamed user with email info@sttbi.ac.id
Date Deposited: 16 Jan 2023 05:28
Last Modified: 16 Jan 2023 05:28
URI: http://repository.sttbi.ac.id/id/eprint/37

Actions (login required)

View Item View Item