R e p o s i t o r y

STT Bethel Indonesia

Bergabung bersama kami untuk melayani bersama di dalam perkuliahan yang membuka perspektif baru dalam era digital 5.0 2

Penggunaan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kedisiplinan Belajar PAK di Masa Post-Pandemic

Hariadi, Delaya Saron (2022) Penggunaan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kedisiplinan Belajar PAK di Masa Post-Pandemic. Diploma thesis, STT Bethel Indonesia.

[img] Text
halaman depan Delaya Saron Hariadi.pdf - Other
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (4MB)
[img] Text
bab 1 Delaya Saron Hariadi.pdf - Other
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (4MB)
[img] Text
bab 2 Delaya Saron Hariadi.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (4MB)
[img] Text
bab 3 Delaya Saron Hariadi.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (4MB)
[img] Text
bab 4 Delaya Saron Hariadi.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (4MB)
[img] Text
bab 5 Delaya Saron Hariadi.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (4MB)
[img] Text
daftar pustaka Delaya Saron Hariadi.pdf - Other
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (4MB)
[img] Text
lampiran Delaya Saron Hariadi.pdf - Other
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini diajukan sebagai persyaratan untuk mendapatkan gelar sarjana Pendidikan Agama Kristen. Dalam latar belakang penelitian terdapat kondisi siswa kelas X yang melakukan pembelajaran di sekolah pada masa post-pandemic. Selama pembelajaran secara online, banyak siswa yang tidak mengerjakan tugas, tidak aktif dalam pembelajaran dan ada juga yang sering tidak hadir selama pembelajaran hanya sekedar mengisi absensi saja. Ketika sekolahan sudah melakukan pembelajaran secara tatap muka, kebiasaan saat melakukan pembelajaran secara online diterapkan juga saat pembelajaran secara tatap muka. Maka dari itu, kemampuan berpikir kritis dan kedisiplinan siswa menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kedisiplinan belajar PAK di masa postpandemic bagi siswa kelas X SMA Negeri 1 Seputih Banyak Tahun pelajaran 2021/2022 menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pada siklus I pembelajaran dilakukan dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah secara individu dengan memberikan 1 masalah yang berkaitan dengan Alkitab, sedangkan pada siklus II penggunaan strategi pembelajaran berbasis masalah dilakukan secara berkelompok disertai 1 masalah yang berkaitan dengan Alkitab juga. Pada masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan deskriptif komparatif yang dilanjutkan refleksi. Deskriptif komparatif dilakukan dengan membandingkan data kondisi awal, siklus I dan siklus II untuk kemampuan berpikir kritis dan kedisiplinan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penggunaan strategi pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kedisiplinan belajar pada kelas X di SMA Negeri 1 Seputih Banyak pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Terbukti persentase jumlah siswa dalam kategori kemampuan berpikir kritis meningkat dari kondisi awal 30% menjadi 60% pada siklus I dan menjadi 100% pada siklus II atau pada kondisi akhir mengalami peningkatan sebesar 70% dari kondisi awal. Kedua, penggunaan strategi pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kedisiplinan belajar PAK dengan rata-rata kedisiplinan belajar siswa meningkat dari kondisi awal 1,9 menjadi 2,9 di siklus I dan menjadi 3,75 di siklus II, hal ini menunjukkan bahwa telah memenuhi indikator kinerja pada kondisi akhir. Jumlah anak didik dengan skor kedisiplinan belajar lebih besar atau sama dengan 2,5 (kualifikasi baik) juga meningkat dari kondisi awal 20% menjadi 100% pada kondisi akhir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Berpikir Kritis, Kedisiplinan Belajar, Pendidikan Agama Kristen
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BR Christianity
Divisions: S1 Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: Unnamed user with email info@sttbi.ac.id
Date Deposited: 20 Jan 2023 06:53
Last Modified: 20 Jan 2023 06:53
URI: http://repository.sttbi.ac.id/id/eprint/109

Actions (login required)

View Item View Item